BELAJAR MERAJUT MELALUI MEDIA SOSIAL – Bagian 1

Kriya merajut saat ini mulai berkembang, nampak dari beragamnya hasil-hasil karya rajutan yang dihasilkan. Namun pelaku kriya merajut saat ini kebanyakan berusia lanjut, dan kegiatan merajut masih dipandang sebelah mata. Padahal kriya merajut sangat bermanfaat  untuk kesehatan fisik dan mental yaitu :

  1. Membuat bangga : kita akan merasa bangga jika dapat menghasilkan suatu karya yang tidak semua orang dapat membuatnya dan mendapat pujian dari orang lain karena keunikannya.
  2. Meredakan gejala kecemasan, stres, dan depresi : manfaat relaksasi dapat kita peroleh dengan merajut karena dapat menenangkan.
  3. Membantu meningkatkan fungsi motorik : melatih motorik halus kita terutama jari-jemari agar tetap berfungsi dengan baik.
  4. Memperlambat penurunan kognitif : mencegah kepikunan, karena dengan merajut otak kita terus bekerja karena menghitung sederhana untuk mengikuti pola tertentu.
  5. Membantu mencegah arthritis dan tendinitis : dapat mencegah  pembengkakan dan peradangan otot.

Merajut memiliki efek seperti candu, jika kita sudah bisa merajut dan menghasilkan sebuah karya maka kita akan merasa ingin lagi dan ingin lagi membuat karya-karya yang lain. Belajar merajut itu mudah dan murah, berbekal hakpen dan benang rajut teknik merajut dapat diikuti. Jika tidak ada guru yang membimbing secara langsung, maka pebelajar dapat membuka video-video tutorial untuk pemula melalui YouTube atau mengikuti kelas-kelas merajut melalui medsos yang lain. (*PLS_)