DESAIN MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TATA BUSANA BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL – NOOR ASMINIWATY (Bagian 1)

Pembelajaran Teknologi Digital dalah istilah umum yang digunakan oleh para ahli teori pendidikan untuk menggambarkan berbagai cara untuk mengitegrasikan teknologi cyber baik secara fisik maupun tidak ke dalam pembelajaran pada kursus menjahit / tata busana, yang meliputi ).

  1. Literasi Data (Kemampuan untuk membaca, analisis, dan menggunakan informasi (Big Data) di dunia digital.
  2. Literasi Teknologi yaitu memahami cara kerja mesin, aplikasi teknologi (Coding, Artificial Intelligence, & Engineering Principles)
  3. Literasi Manusia ( Humanities, Komunikasi, & Desain).

Pengembangan model ini memfokuskan diri pada pembelajaran teknologi digital pada kursus Tata Busana. Pembelajaran teknologi digital itu sendiri bisa diartikan sangat luas, tetapi dalam pengembangan ini dibatasi pada beberapa hal, supaya menjadi fokus dan sesuai dengan tujuan pengembangan.

Pembelajaran teknologi digital dilakukan dengan cara kelas online di dunia maya dengan sistem :

  1.  Pertemuan kelas tidak langsung di dunia maya, dilakukan dengan menggunakan aplikasi schoology dan google form.
  2.  Pertemuan kelas langsung di dunia maya. Pertemuan kelas di dunia maya secara langsung dilakukan menggunakan Video Conference dengan webex cisco Online Learning.

  1. Schoology

Schoology merupakan salah satu laman web yang berbentuk web sosial yang menawarkan pembelajaran sama seperti di dalam kelas secara gratis dan mudah digunakan seperti Facebook. Schoology adalah jejaring sosial berbasis web yang difokuskan pada kerjasama, untuk memungkinkan pengguna membuat, mengelola, dan saling berinteraksi serta berbagi konten akademis. E-learning ini juga memberikan akses pada guru dan siswa untuk presensi, pengumpulan tugas, latihan soal dan media sumber belajar yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun serta juga memberikan akses pada orang tua untuk memantau perkembangan belajar siswa di sekolah. (Farmington, Schoology 2014).

Kelebihan Schoology

  1. Stay Connected 

Guru dapat mengirim pembaharuan ke course, group serta pesan     pribadi dan memberikan umpan balik pada peserta didik, dan mengatur            acara dengan antarmuka intuitif Schoology pada perangkat mobile           mereka.

  • Extend Class Time

Peserta didik dapat melihat pelajaran secara online, berkolaborasi dengan   rekan-rekan mereka dan dapat belajar secara mandiri melalui    perangkat mobile mereka yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun mereka inginkan.

  • Manage on the Go

Melalui Schoology guru dapat dengan mudah mengabsen,membuat penugasan, berdiskusi, memeriksa hasil pekerjaan rumah peserta didik serta menilai hasil pekerjaan tersebut. Selain itu melalui Schoology guru dapat memberikan umpan balik pada peserta didik melaui perangkat mobile mereka.

  • Leverage iOS and Android Devices

Schoology merupakan aplikasi mobile gratis yang dapat di unduh dari semua perangkat mobile berbasis IOS maupun Android. Aplikasi ini juga memiliki pemeberitahuan jika ada update (pembaharuan) atau kiriman terbaru dari aplikasi tersebut, sehingga pengguna bisa mudah memperbaharui aplikasi ini setiap waktu. (*noor_as)