Kegiatan Peningkatan Kohesivitas Pegawai BP PAUD dan Dikmas Kaltim Tahun 2020

BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Peningkatan Kohesivitas Pegawai yang dilaksanakan pada hari Kamis s.d Sabtu, tanggal 13-15 Februari 2020.

Dengan dihadiri oleh 47 pegawai serta 3 peserta dari SKB Tenggarong, kegiatan yang dilaksanakan di Ladang Budaya (Ladaya) Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Didukung oleh suasana alam terbuka serta pendekatan yang menyenangkan dan seru, sehingga pada kesempatan ini para peserta dapat melepaskan rasa penat dan jenuh dari aktivitas sehari-hari. Permainan secara berkelompok, flying fox dan paintball, merupakan beberapa permainan yang dilakukan oleh para peserta selama di Ladaya. Permainan-permainan yang bersifat ringan dan menyenangkan mengajak setiap peserta agar selalu semangat, kompak, komunikasi dan empati antar anggota kelompok. Metode permainan ini bertujuan agar peserta dapat memahami kelebihan dan kekurangan, baik yang ada pada dirinya sendiri, maupun yang dimiliki oleh rekan kerjanya. Dengan begitu maka akan meningkatkan kemampuan bekerja secara kolektif (teamwork) karena timbul rasa saling menghargai dalam setiap keputusan.

Melalui kegiatan yang dikemas dengan berbagai simulasi permainan di outdoor, diharapkan mampu meningkatkan berbagai nilai positif dan individual soft skils pada peserta, diantaranya jiwa kepemimpinan, kekompakan, kerjasama, rasa percaya pada orang lain, kompetisi yang sehat, percaya diri, berani, disiplin dan bertanggung jawab, serta pola perilaku yang berorientasi pada hasil dan tujuan jangka panjang. sehingga masing-masing individu memiliki etika dan komitmen kerja yg tinggi dan nantinya dapat menjadi bekal dalam menjalankan program satker serta tugas dan fungsi sesuai dengan yang telah direncanakan. Dengan banyaknya manfaat yang diperoleh, diharapkan kegiatan Peningkatan Kohesivitas Pegawai BP PAUD dan Dikmas Kaltim dapat menjadi agenda secara rutin setiap tahunnya. (*tyas_)