KEGIATAN VALIDASI PROGRAM/MODEL PENDIDIKAN KELUARGA TAHUN 2019

Pengembangan model Pendidikan Keluarga BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur tahun 2019 telah memasuki tahapan validasi model. Kegiatan validasi model Pendidikan Keluarga diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga tanggal 20 sd 22 November bertempat di Hotel Golden Tulip Essencial jalan Jenderal Sudirman Kav. 9 Cikokol, Sukasari Kota Tanggerang Banten.

Peserta yang mengikuti kegiatan validasi ini berjumlah 21 model dari BP PAUD dan Dikmas yang menyelenggarakan pengembangan model Pendidikan Keluarga di Indonesia. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan validasi model Pendidikan Keluarga meliputi :

  1. Verifikasi dokumen; mengumpulkan model, produk model, dan laporan-laporan pendukung kegiatan model.
  2. Kegiatan pembukaan; dihadiri oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga.
  3. Presentasi hasil pengembangan model; tim pengembang model mendapat urutan tampil nomor 6 pada kelompok 3. Mendapatkan masukan-masukan untuk perbaikan model.
  4. Kegiatan penutupan; kegiatan penutupan dilaksanakan setelah semua peserta tampil presentasi dan mendapatkan masukan-masukan untuk perbaikan.

Tim pengembang model Pendidikan Keluarga BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur telah mengembangkan model yang berjudul Pelibatan Orangtua diTK Harapan Bunda Kecamatan Loakulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Implementasi model Pendidikan Keluarga telah melaksanakan 4 pilar Pendidikan Keluarga yaitu ; (1) Pertemuan wali kelas dan orangtua, (2) Kelas orangtua, (3) Kelas Inspirasi, dan (4) Pentas kelas akhir semester/tahun. Setelah melakukan perbaikan-perbaikan model sesuai dengan saran dan masukan dari tim validator, selanjutnya tim pengembang mengirim berkas ke Direktorat untuk diperiksa kembali kelengkapannya. Selanjutnya akan diusulkan untuk mendapatkan surat keterangan tervalidasi dari Direktoran Pembinaan Pendidikan Keluarga. (*PLS_)