KRIYA MERAJUT DI PKBM AMORAYA

Salah satu tugas Pamong Belajar di BP PAUD dan Dikmas Kaltim adalah melaksanakan kegiatan pembimbingan sebagai wadah pengabdian masyarakat. Dengan berbagai disiplin ilmu yang beragam dan keterampilan yang dimiliki Pamong Belajar dapat bekerjasama dengan satuan pendidikan nonformal seperti SKB atau PKBM untuk menyelenggarakan program pembimbingan pada masyarakat, salah satunya PKBM Amor Raya.

PKBM Amor Raya berlokasi di Desa Karang Tunggal Kukar, telah menyelenggarakan beberapa program seperti program PAUD, Kesetaraan, Keaksaraan, dan Pendidikan Kursus dan Keterampilan khususnya keterampilan wanita. Program menjahit menjadi program unggulan PKBM Amor Raya dan sudah meluluskan penjahit-penjahit produktif di Desa Karang Tunggal. Untuk mengembangkan keterampilan menjahit, warga belajar menginginkan belajar Kriya Merajut karena melihat hasil karya Kriya Merajut yang bagus dengan berbagai motif yang menarik.

Kegiatan pembimbingan kriya merajut di PKBM Amor Raya dilaksanakan pada akhir bulan Mei sampai dengan Agustus 2019. Kegiatan belajar disepakati setiap hari Sabtu pukul 13.00 sampai dengan pukul 16.00 atau selama 3 jam. Karena kriya merajut memerlukan pembimbingan secara khusus maka jumlah warga belajar dibatasi hanya 7 orang saja. Untuk bahan dan alat merajut, warga belajar mengadakan secara mandiri dan hasilnya dapat mereka gunakan sendiri.

Secara bertahap Pamong Belajar membimbing warga belajar mulai dari teknik merajut dasar sampai bisa membuat tas dengan teknik Granny Square. Adapun materi pembimbingan kriya merajut adalah sebagai berikut : (1) Manfaat merajut, (2) Teknik dasar merajut, (3) Membuat traditional granny square, (4) Merangkai granny square, (5) Membuat dompet granny square, (6) Membuat tas motif bunga granny square. (*PLS_)