LIPUTAN KEGIATAN WORKSHOP VALIDASI MODEL BIDANG PAUD YANG DIKEMBANGKAN OLEH UPT PAUD DAN DIKMAS

Bentuk layanan pendidikan kepada masyarakat oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini adalah menyediakan program yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan nonformal. Dalam menetapkan kebijakkan yang inovatif dan kreatif diperlukan rekomendasi tentang berbagai model penyelenggaraan pendidikan anak usia dini, salah satunya melalui hasil pengembangan model yang dilaksanakan di PP/BP PAUD dan Dikmas Provinsi.

Model Pendidikan Anak Usia Dini yang dapat di rekomendasikan adalah model yang layak terap dan tahapan pengembangan sesuai dengan Peraturan Dirjen tentang pengembangan model. Salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah validasi hasil pengembangan model Pendidikan Anak Usia Dini yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Tahun 2019 kegiatan validasi diselenggarakan dalam bentuk Workshop validasi model bidang PAUD yang dikembangkan oleh UPT PAUD dan Dikmas. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Yogyakarta mulai tanggal 4 sd 6 Desember 2019 di Hotel Ibis Style jl. Dagen Yogyakarta, diikuti oleh 71 peserta dari Pamong Belajar dan Kasi Program PP/BP PAUD dan Dikmas yang mengembangkan model Pendidikan Anak Usia Dini se Indonesia.

Tahapan kegiatan workshop meliputi : Pembukaan oleh Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas, Laporan kegiatan oleh Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Penjelasan teknis pelaksanaan kegiatan oleh Kasubdit Program dan Evaluasi, Presentasi hasil pengembangan model oleh Pamong Belajar pada masing-masing  kelompok, Tim Validator menanggapi atas paparan model dalam rangka memvalidasi model, Perumusan dan penyusunan rekomendasi tentang hasil pengembangan model Pendidikan Anak Usia Dini, dan Penutupan kegiatan. BP PAUD dan Dikmas Kaltim mengembangkan 2 model Pendidikan Anak Usia Dini, Pamong Belajar yang mengikuti sebanyak 4 orang dan Kasi Program yang diwakili oleh 1 orang Pamong Belajar. Materi pengembangan model Pendidikan Anak Usia Dini yang dikembangkan adalah Pendidikan Sosial Finansial PAUD dan materi Holistik Integratif. Tim pengembang model PAUD BP PAUD dan Dikmas tampil pada urutan 9 di kelompok 1 dan urutan 13 di kelompok 4. (*PLS_)