MERIAHNYA HARI PASAR DAN PAMERAN DALAM PENDIDIKAN SOSIAL FINANSIAL PAUD

Pukul 08.00 wite pagi rombongan tim pengembang model datang dan disambut dengan iringan gamelan jawa di KB Lebah Madu Desa Karang Tunggal. Sebelum rombongan datang sudah cukup banyak pengunjung yang berasal dari orangtua peserta didik dan anggota masyarakat di sekitar lingkungan lembaga PAUD yang meramaikan hari itu. Dekorasi khas pedesaan menghiasi stand-stand tempat jualan yang ditunggui oleh anak-anak PAUD yang menggunakan celemek. Mereka menjual berbagai macam jajanan seperti getuk, tape, pais singkong, jagung keju, dan lain sebagainya. Peserta didik di kelas yang lebih kecil berperan menjadi pembeli, mereka menggunakan uang logam untuk membeli jajanan yang dijual. Dengan sabar anak yang menjual melayani pembeli walau untuk menghitung harga yang harus dibayar masih dibimbing oleh guru atau orangtuanya.

Yang menarik pengelola juga menyediakan spot khusus untuk tempat istirahat dan berfoto dengan tema pedesaan yang kental, seperti warung tradisional, gubuk mungil, dan bangku-bangku yang terbuat dari batang kayu dengan hiasan tanaman dan rumput-rumput. Para pengunjung  dapat menikmati jajanan yang dibeli sekaligus berfoto ria pada spot foto yang disukainya.

Kegiatan ini adalah bagian dari kegiatan implementasi model Pendidikan Sosial Finansial AUD di Pedesaan sebagai salah satu model pada Pokja PAUD di BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Timur tahun 2019. Selain di KB Lebah Madu implementasi  model ini juga dilaksanakan di KB Anggrek Bulan, KB Gaharu Plus, dan TK Kenanga yang semuanya berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. (*PLS_)