Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Timur

Dalam rangka dukungan terhadap program pemerintah dalam menekan angka penyebaran Covid-19, dilaksanakan Tes Rapid bagi seluruh pegawai BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Timur pada hari Jumat, 16 Oktober 2020 bertempat di Kantor BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Timur.

Pemeriksaan dilaksanakan oleh petugas dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPTD Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dan diikuti oleh 48 orang pegawai BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Timur. Metode Tes Rapid ini menggunakan sampel darah untuk mengetahui adanya virus Covid-19 pada tubuh kita. Tes ini berupa tes apakah ditemukan imunoglobuin yang terbentuk akibat adanya infeksi.

Perkembangan perihal virus Covid-19 saat ini menjadi acuan penting, dapat dilihat melalui situs Dinas Kesehatan Kota Samarinda, bahwa jumlah kasus Covid-19 di kota Samarinda terus meningkat setiap harinya dengan kasus terkonfirmasi per tanggal 15 Oktober 2020 yaitu 3459 pasien.

Perubahan menuju tatanan kehidupan baru atau biasa disebut dengan New Normal di tahun 2020 ini memang dirasa berat namun harus dilakukan agar kita semua dapat melindungi diri dan orang-orang yang ada di sekitar kita. Pandemi ini menuntut kita untuk merubah kebiasaan, salah satunya senantiasa disiplin mengikuti protokol kesehatan 4M (Memakai masker saat keluar rumah, Menjaga jarak, Mencuci tangan dengan sabun antiseptik pada air mengalir selama 20 detik, dan Menghindari kerumunan) dalam aktivitas sehari-hari. Untuk hasil Tes Rapid seluruh pegawai tersebut akan digunakan sebagai upaya deteksi awal pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan BP PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Timur. Hasil Rapid Test akan disampaikan ke masing-masing pegawai secara tertulis. Jika terdapat pegawai dengan hasil reaktif, maka akan direkomendasikan untuk melakukan Tes Swab/PCR. (*tyas_)